Rabu, 26 Maret 2008

Introduction to Windows

Sebelum kita masuk ke dalam sistem operasi windows, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu komputer? Komputer terdiri 2 bagian besar yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Hardware terdiri dari:

  • CPU (Mainboard, Prosesor, Memory, Hard drive)
  • Perangkat Masukan (Mouse, Keyboard, Removable disk, CD-ROM)
  • Perangkat Keluaran (Monitor, Printer)

Software terdiri dari:

  • Sistem operasi (Windows, Linux, Mac OS)
  • Program komputer, aplikasi pendukung untuk memaksimalkan kinerja suatu komputer dan untuk mendukung aktivitas kita.

Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Windows. Pengembangan dari sistem operasi Windows sampai saat ini telah memasukan Windows Vista. Walaupun pengembangan terus berlanjut, tetapi dasar pengoperasian dari Windows tidak banyak berubah dan tetap userfriendly.

Langkah awal yang perlu disiapkan dan untuk pengenalan dasar selanjutnya adalah sebuah komputer, baik PC maupun notebook dengan sistem operasi Windows (penulis menggunakan Microsoft Windows XP Professional Version 2002, Service Pack 2). Namun, tidak akan menjadi masalah besar jika memakai Windows versi lainnya.

Penguasaan bahasa inggris yang baik akan sangat mendukung kita untuk menguasai komputer. Biasanya bila terjadi suatu masalah maka sistem akan memberitahukan lewat sebuah jendela pesan. Dari situlah kita akan mengetahui titik temu masalah yang kita hadapi. Semakin sering kita menghadapi berbagai masalah yang muncul akan kita akan semakin jago untuk menyelesaikannya.


Tidak ada komentar: